TIPS MELAWAN RASA MALAS ALA SANTRI

darussholah.ponpes.id – Menjalani hari dengan produktif adalah keinginan semua orang. Namun untuk mewujudkannya tentu harus melewati berbagai rintangan, salah satunya adalah rasa malas.

Sering kali kita ingin melakukan kegiatan produktif bahkan telah menyusun plan dengan rapi agar dapat hidup produktif namun terkadang tetap saja diri kita kalah dengan serangan rasa malas yang begitu besar.

Banyak waktu yang sudah terbuang sia-sia akibat rasa malas. Padahal waktu tersebut bisa digunakan untuk belajar, berolahraga, memasak, dan kegiatan positif lainnya.

Kendala ‘malas’ ini juga dirasakan oleh para pelajar termasuk mereka yang bermukim dan belajar di pondok pesantren.

Setiap santri memiliki cara yang berbeda-beda untuk menghindari rasa malas. Mengenai cara tersebut tim jurnalis mewawancarai Desi,salah satu santri putri Pondok Pesantren Darus Sholah.

”Setiap hari saya selalu nyusun to-do list kegiatan yang harus dilakuin seharian itu. Kalo ada salah satu kegiatan yang terlewat saya ngasih hukuman ke diri saya.” Tuturnya.

Ia menjelaskan bahwa hukuman tersebut bertujuan untuk memberi rasa takut kepada diri sendiri untuk melewatkan daftar kegiatan yang telah ia susun. Dengan begitu ia juga dapat menghindar dari rasa malas yang menyerang.  

Demikian tips ala santri untuk menghadapi rasa malas, bagaimana dengan kamu? Sudahkah kamu menemukan cara agar terhindar dari rasa malas?

Sebelum kita kehilangan banyak waktu berharga, marilah kita berperang melawan rasa malas, memang sekarang kita tidak merasa dirugikan tapi di hari esok pasti penyesalan akan datang.

 

by Carmelia Rizky Salsabila

editing: Wahdiyatul Islah 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *