Keistimewaan Surah Al-Kahfi

darussholah.ponpes.id – Sayyidul Ayyam atau Rajanya Hari, begitulah sebutan mulia yang disematkan pada hari Jum’at. Sebagaimana yang kita ketahui hari jumat adalah hari yang istimewa bagi umat islam, khususnya bagi umat Rasululllah SAW.

Mengapa hanya umat Rasulullah? Hal ini dikarenakan keistimewaan tersebut hanya diberikan pada umat nabi Muhammad SAW dan tidak diberikan pada umat nabi sebelumnya.

Oleh sebab itu kita dianjurkan untuk menghiasi dan memuliakan hari Jumat dengan berlomba-lomba memperbanyak beramal shalih.

Ada banyak sekali ibadah dan kebaikan yang dapat diamalkan di hari jum’at, salah satunya yakni membaca Surah Al-Kahfi.

Tak Banyak yang mengetahui betapa mulianya surah ini apabila dibaca pada malam jumat atau hari jumat. Kebanyakan dari mereka hanya mengetahui anjuran membaca surah yasin beserta tahlilnya.

Surah Al-Kahfi Merupakan surah ke-18 yang digolongkan dalam surah Makkiyah karena diturunkan di kota Mekkah. Adapun fadhilah atau keutamaan membacanya telah dijelaskan oleh Rasulullah dalam beberapa hadits, diantaranya;

Diriwayatkan dari Abdullah bin Umar RA, Rasulullah SAW bersabda,

مَنْ قَرَأَ سُورَةَالْكَهْفِ فِي يَوْمِالْجُمُعَةِ، سَطَعَلَهُ نُورٌمِنْ تَحْتِ قَدَمِهِ إِلَى عَنَانِ السَّمَاءِيُضِيءُ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ، وغُفرلَهُ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

“Barang siapa membaca surah Al-Kahfi pada hari Jum’at, akan dibentangkan baginya cahaya mulai dari bawah telapak kakinya sampai ke langit. Cahaya itu akan memancarkan sinar baginya kelak pada hari kiamat. Dan dia akan mendapatkan ampunan dari Allah di antara dua jumat.” (HR Abu Bakr bin Mardawaih)

Diriwayatkan dari Abi Said Al-Khudri, Rasulullah bersabda,

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةُ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ اَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ فِيْ مَا بَيْنَ هُوَ بَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيْقِ

“Barang siapa membaca surah Al-Kahfi pada malam jumat, dia akan disinari cahaya antara dia dan Ka’bah.” (HR Ad Darimi).

Selain dapat memberikan cahaya kepada pembacanya di hari kiamat, al-kahfi juga memiliki keutamaan dapat melindungi dari fitnah dajjal.

Hal tersebut diterangkan Rasulullah pada hadits berikut

مَنْ حَفِظَ عَشْرَ اَيَاتٍ مِنْ اَوَّلِ سُوْرَةُ الْكَهْفِ عُصِمَ مِنَ الدَّجَّالِ

“Barangsiapa membaca sepuluh ayat pertama dari surat Al-Kahfi Maka akan terlindungi fitnah dajjal.”

Tak sampai disitu, surah al-kahfi juga mengisyaratkan kita untuk senantiasa ingat betapa menakutkannya hari kiamat.

Dalam penggalan surah Al-Kahfi ayat ke 47 diterangkan, “Dan (ingatlah) pada hari (ketika) Kami perjalankan gunung-gunung dan engkau akan melihat bumi itu rata dan Kami kumpulkan mereka (seluruh manusia), dan tidak Kami tinggalkan seorangpun dari mereka.” 

Dari beberapa pemaparan di atas sudah sangat jelas bahwa Surah Al-Kahfi ini benar-benar istimewa. Maka dari itu mari kita Bersama-sama men-istiqomahkan membaca surah istimewa ini di Hari yang istimewa pula, yaitu pada hari Jumat.

By Amelya Soyi Khusnia S

editing: Wahdiyatul Islah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *