MAJELIS AS-SHOLAH; Seni Hadrah Islami Bagi Santri

Pembacaan sholawat rutin As-Sholah; Setiap malam sabtu

darussholah.ponpes.id – Istilah As-Sholah bukanlah hal yang asing lagi terdengar di telinga para santri Pondok Pesantren Darus Sholah Jember. As-sholah adalah salah satu nama grup sholawat yang digawangi oleh beberapa santri Pondok Pesantren Darus Sholah Jember, dimana kegiatan ini memiliki kegiatan rutin tersendiri; pada hari Jumat malam sabtu yang bertempat di Aula Al-Hasyimi. Grup ini dikoordinatori langsung oleh Cak Edi Riski Setiawan; beliau juga menjabat sebagai ketua pengurus Pondok Pesantren Darussholah Putra Jember. Karena sejak lama sudah berdiri dan bersilih ganti personil, hingga akhirnya di sepakati bersama untuk bertransformasi menjadi bukan sekedar grup sholawat saja, namun juga mengadakan rutinan majelis sholawat tiap satu minggu sekali. Inilah awal cikal bakal rutinan dari Majelis Sholawat As-Sholah.

Tujuan utama dari majelis sholawat As-Sholah adalah menjadi fasilitas bagi santri supaya terbiasa dalam membaca sholawat, dan menjadi faktor pendorong bagi santri untuk semakin cinta kepada Nabi Muhammad SAW. Selain dari itu, majelis ini juga sebagai sarana bagi santri dan khalayak ramai pada umumnya; untuk ber-taqarrub (mendekatkan diri) kepada Allah SWT. Dimana sesuai hadis Nabi Muhammad SAW bahwa Ia akan menjamin ummatnya yang mencintainya, yang selalu bershalawat kepadanya kelak diakui menjadi ummatnya selamanya, dan dijamin akan mendapatkan Syafa’at (pertolongan) dari Nabi Muhammad SAW sendiri di yaumul ba’ats (hari pembalasan). Allahumma Aamiin

Selain diluar kegiatan rutin, Mejelis grup As-sholah juga sering mengikuti event-event perlombaan sholawat yang diadakan baik oleh pesantren lain, lembaga sekolah, organisasi dan komunitas sholawat bahkan pemerintah kabupaten. Seperti halnya festival banjari di PP. Nurul Jadid, di PP. As-Suniyyah, dan lain sebagainya. Grup hadrah As-sholah juga sering diundang dalam berbagai acara, baik acara seremonial, keislaman, dan adat; seperti misalnya acara perkawinan, selapanan, khitanan dan lain-lain.

Oleh: Falih Maula Ibad
Editing: Noval.F dan Syahid Arifin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *